Minggu, 04 September 2011

Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Lokasi untuk menuju Tanah Lot Bali tidaklah jauh dari Kuta atau Denpasar. Hanya sekitar 20-45 menit perjalanan dengan menggunakan mobil.


Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Disini juga sering diadakan upacara-upacara besar umat Hindu Bali.

Ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu, yang apabila air laut sedang pasang, pura ini akan kelihatan dikelilingi air laut. Dan satunya lagi terletak di sebelah utara di atas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan Pura Uluwatu. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung).

Selain tempatnya yang sangat luas dan pemandangan matahari tenggelam yang sangat spektakuler, deburan ombak disekitar area pura juga menjadi daya tarik tersendiri. Tanah Lot memang terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset  di sini. Seperti Pantai Kuta, biasanya Tanah Lot merupakan tujuan terakhir bagi para pelancong setelah seharian mengunjungi berbagai tempat wisata menarik lainnya, karena saat terbaik untuk berkunjung ditempat ini adalah antara pukul 17.00 - 19.00 WITA, saat matahari terbenam.

0 komentar:

Posting Komentar